Selasa, 20 November 2012

Cadangan Terkira PT. Freeport Indonesia ;Tinjauan Umum Tubuh Bijih


Tubuh-tubuh bijih kami terdapat pada dan di sekitar dua tubuh-tubuh instrusi utama batuan beku (igneous), yaitu monzodiorit Grasberg dan diorit Ertsberg. Batuan-batuan induk untuk tubuh-tubuh bijih tersebut terdiri dari batuan-batuan karbonatan maupun klastik yang diterobos oleh batuan beku berkomposisi monzonitik dan dioritik yang membentuk punggungan bukit dan sisi atas rangkaian Pegunungan Sudirman.
http://www.ptfi.com/about/images/cad01.jpg
Tubuh-tubuh bijih Grasberg dan ESZ, terdapat pada batuan beku sebagai batuan induk, hadir dalam bentuk urat-urat (vein stockworks) dan diseminasi sulfida tembaga yang didominasi oleh mineral chalcopirit dan sejumlah kecil berupa bornit. Tubuh-tubuh bijih yang berinduk pada batuan sedimen terjadi pada batuan ubahan skarn yang kaya akan unsur magnetit dan magnesium serta kalsium, yang mana lokasi keterdapatannya dan orientasinya sangat dikontrol oleh patahan-patahan besar (major faults) dan oleh komposisi kimia batuan-batuan karbonat di sekitar tubuh-tubuh instrusi tersebut. Mineralisasi tembaga pada batuan ubahan skarn tersebut didominasi oleh mineral chalcopirit, akan tetapi konsentrasi setempat dari mineral sulfida bornit yang cukup banyak juga kadang terjadi. Mineral emas terdapat secara merata disemua tubuh bijih dalam jumlah yang beragam. Di beberapa tempat konsentrasinya cukup banyak, kehadirannya jarang bisa dilihat dengan mata telanjang. Konsentrasi emas tersebut lazim terjadi sebagai inklusi di dalam mineral sulfida tembaga, sedangkan pada beberapa tubuh bijih konsentrasi emas berkaitan erat dengan keterdapatan mineral pirit.
Pertumbuhan
Tembaga

http://www.ptfi.com/about/images/cad08.jpghttp://www.ptfi.com/about/images/cad07.jpghttp://www.ptfi.com/about/images/cad03.jpg                                            31 Desember 2005

Pasca Tambang Grasberg
*Produksi 100% sejak penemuan Grasberg pada tahun 1988
Emas
http://www.ptfi.com/about/images/cad04.jpg
*Produksi 100% sejak penemuan Grasberg pada tahun 1988
http://www.ptfi.com/about/images/cad06.jpg
Eksplorasi Mendorong Perencanaan Tambang
Pengaturan waktu produksi untuk tambang-tambang kami yang belum dilaksanakan tergantung dari sejumlah faktor, salah satunya adalah hasil dari kegiatan eksplorasi. Kami membuat rencana tambang dengan memaksimalkan nilai sekarang bersih (net present value) dari tubuh-tubuh bijih yang telah ada, termasuk juga hasil dari penemuan-penemuan baru.
Kami terus melakukan pengkajian terhadap berbagai rencana tambang jangka panjang untuk mengevaluasi rancangan optimal dari Tambang Grasberg, hal ini mungkin dapat berdampak pada penentuan waktu awal proses produksi tambang block-cave Grasberg. Rencana kami terdahulu bahwa peralihan aktivitas penambangan dari tambang terbuka Grasberg ke tambang block cave Grasberg akan dilakukan pada tahun 2015. PTFI berharap dapat menyelesaikan kajian yang tengah dilakukan saat ini terhadap rencana jangka panjang sebelum akhir tahun 2006.
Cadangan Utama
http://www.ptfi.com/about/images/cad05.jpg*Komplek Grasberg terdiri dari logam yang dapat diambil, pada tambang lain dilaporkan sebagai logam yang dikandung.
Telah Dikembangkan & Tengah Berproduksi
  • Tambang Terbuka Grasberg. Kami mulai melakukan penambangan dengan sistem tambang terbuka terhadap tubuh bijih Grasberg pada tahun 1990. Kegiatan produksi tersebut berada pada level ketinggian 3.385-4.060 meter. Bagian cadangan tubuh bijih Grasberg yang terletak di bawah tanah akan ditambang dengan menggunakan metoda block-cave menjelang berakhirnya penambangan terbuka.
  • DOZ (Deep Ore Zone) secara vertikal terletak di bawah Intermediate Ore Zone (IOZ telah habis ditambang). Proses produksi tubuh bijih DOZ dimulai pada tahun 1989.
http://www.ptfi.com/about/images/cad02.jpg
Belum Dikembangkan
Keperluan modal kerja untuk pengembangan seluruh tubuh bijih sampai dengan kapasitas penuh adalah sebesar $3 miliar AS. Selain biaya tersebut, diperlukan modal tambahan sebesar $1 miliar AS untuk pembangunan fasilitas pengolahan tambahan guna mengoptimalkan penanganan berbagai jenis bijih yang berasal dari bawah tanah.
  • Kucing Liar, tubuh bijih ini terletak pada sisi selatan atau di bawah bagian sisi selatan tambang terbuka Grasberg, pada level ketinggian 2.605 - 3.115 meter. Kami akan menambang Kucing Liar dengan menggunakan cara block-cave.
  • Mill Level Zone (MLZ), tubuh bijih ini terletak langsung di bawah tambang DOZ pada level ketinggian 2.890 meter - 3220 meter. Bijih tersebut merupakan kemenerusan ke arah bawah dari mineralisasi pada sistem Skarn Timur Ertsberg dan porfiri Ertsberg yang bersebelahan. Kami akan melakukan penambangan dengan cara block-cave usai menyelesaikan penambangan pada tubuh bijih DOZ.
  • Ertsberg Stockwork Zone (ESZ), tubuh bijih ini merupakan kemenerusan dari sisi barat daya tubuh bijih DOZ yang terletak pada level ketinggian 3.126 meter - 3.626 meter. Kami akan menambang dengan cara block-cave mulai tahun 2009.
  • Big Gossan, tubuh bijih ini terletak kurang lebih 1.000 meter sebelah Barat Daya cadangan tambang terbuka Ertsberg yang sudah habis ditambang. Kami mengawali pengembangan infrastruktur bawah tanah untuk tubuh bijih ini pada tahun 1993 ketika membangun terowongan dari daerah pabrik pengolahan menuju kawasan tubuh bijih Big Gossan pada ketinggian 3.000 meter. Cara penambangan open stope and back-fill akan diaplikasikan terhadap cadangan Big Gossan. Pengembangan telah dimulai dan produksi awal diharapkan dapat dimulai pada tahun 2008.
  • Dom, tubuh bijih ini terletak pada jarak 1.500 meter di sebelah tenggara cadangan tambang terbuka Ertsberg yang telah habis. Kami telah menyelesaikan pengembangan pra-produksi ketika tambang Grasberg baru mulai berproduksi pada tahun 1990. Kami menangguhkan produksi Dom block cave pada tahun 1989 untuk menambang tubuh bijih Grasberg. Produksi pada bagian tambang terbuka dari tubuh bijih tersebut akan dimulai setelah menyelesaikan tambang terbuka Grasberg, diikuti dengan cara block-caving terhadap bagian tubuh bijih bawah tanah.
2007
  • Dengan pasar komoditas dunia yang menguat, PTFI kembali membukukan rekor hasil keuangan. PTFI juga mencatat beberapa pencapaian lain, termasuk tingkat operasi pertambangan DOZ kali ini mencapai 53.500 tpd, dan tingkat recovery di mill mencapai 90,5%.
  • Ekspansi DOZ menuju 50.000 tpd dicapai pada pertengahan 2007.
  • Audit resertifikasi ISO14001 selesai.
2008
  • Setelah triwulan pertama dengan harga-harga komoditas yang kuat, hasil keuangan PTFI mengalami penurunan yang mendadak akibat harga komoditas dan kondisi ekonomi yang terjadi mulai pertengahan September. Volume menunjukkan akses yang terbatas kepada bagian high-grade dari Grasberg pit sebagai akibat dari slip skala kecil yang terhadi pada awal September.
  • DOZ beroperasi pada level 63.200 tpd.
http://www.ptfi.com/about/images/riwayat01.gifvSumber; www.ptfi.co.id, www.fcx.com, dan http://www.ptfi.com/about/reserve.aspDiakses 16 September 2012

0 komentar:

Posting Komentar

Yuk, sampaikan komentarmu, Bebas Berkomentar Kok Asalkan TIDAK SARA !