Selasa, 20 November 2012

Efektifitas komunikasi


Komunikasi adalah  proses di mana seseorng berusaha untuk memberikan pengrtian atau pesan kepada orang lain melaui pesan simbolis. Peran Komunikasi melibatkan banyak orang, melibatkan simbol-simbol, dan terjadinya berbagai informasi. Penyebab konflik umumnya karena faktor komunikasi. Komunikasi yang kurang benar akan menyababkan salah komunikasi.
            Konflik dalam suatu organisasi sering terjadi akibat dari kesalahpahaman salah satunya dalam berkomunikasi. Contoh misalnya,manajer ingin menyelesaikan konflik dengan cara mempertemukan pihak-pihak yang bertikai atau terlibat kemudian berbagai pernyataan atau persepsi disampaikan dalam suatu pertemuan tersebut.jika suatu pertemuan tersebut tidak dihadapi atau dikendalikan untuk menengahi, maka bisa jadi konflk akan semakin meluas akibat hal tersebut.
            Bagaimana berkomunikasi dengan baik, sehingga komunikasi yang terjadi  terhadap semua proses tercapainya suatu tujuan organisasi. Untuk itu perlu dilakukan oleh manajer supaya komunikasi yang disampaikan benar-benar efektif dalam tercapainya suatu tujuan organisasi. Oleh karena itu, bagaimana langkah untuk meminimalisir hambatan komunikasi dan meningkatkan keefektifan dari komunikasi. Hambatan – hambatan tersebut perlu diatasi agar informasi atau pun pesan yang hendak disampaikan tidak mengalami kesalahan dalam memperoleh pemahaman, maka reaksi yang diinginkan diharapkan terjadi. Hambatan dalam berkomunikasi bersifat personal  dan kelembagaan. Hambatanyang sifatnya personal yaitu kesalahan persepsi atau pemahaman dalam  berkomunikasi. Sedangkan yang bersifat kelembagaan yaitu penggunaan pemahaman kata-kata yang berbeda dalam pemahaman,karena berbeda-beda( beda dalam halbanyaknya pekerjaan yang diberikan organisasi,tingkatan manajemen, dan sebagainya ).
            Cara meningkatkan keefektifan dalam berkomunikasi . Sesuai dengan hambatan yang telah dikemukakan tadi, maka penting  untuk mengupayakan agar meningkatkan keefektifan dalam berkomunikasi. Upaya yang bisa  untuk meningkatkan keterampilan bekomunikasi dengan  antara lain ;
Ø  peningkatan keahlian dalam hal mendengarkan dengan cara membiasakannya bik formal maupun informal.
Ø  Peningkatan untuk kesadaran dalam menerima dan memahami informasi melaui simbol, kata-kata dan sebagainya.
Ø  Mengoptimalkan komunikasi yang sifatnya dua arah
Ø  Mengenal atau mengetahui dalam berbagai pihak untuk komunikasi melalui pertemuan-pertemuan.
Ø  Berkomunikasi tidak hanya disampaikan, namun reaksinya tidak ada.
Ø  Penindaklanjutan setiap berkomunikasi.
Ø  Peningkatan pemahaman
Oleh karena itu, komunikasi mempunyai fungsi atau peranan yang sangat penting dalam suatu organisasi agar tercapainya tercapainya informasi atau pesan diterima dan dipahami dengan baik. Jadi faktor komunikasi semua unsur baik antara pekerja, bawahan, dan pimpinan, serta antarbagian dapat berjalan secara efektif dan tercapainya suatu tujuan. 
by; fendie167

0 komentar:

Posting Komentar

Yuk, sampaikan komentarmu, Bebas Berkomentar Kok Asalkan TIDAK SARA !