Sabtu, 03 Januari 2015

Pesona Pantai Malang Selatan : Camping dan Snorkeling Ceria (WONDERFUL INDONESIA)

MAU SNORKELING+CAMPING+MANGROVE (EKOWISATA),ETC?
TIDAK PERLU JAUH-JAUH KE KARIMUNJAWA, BALI, LOMBOK, ETC...

DI MALANG ADA JUGA LOHHH? PASTI BANYAK YANG BELUM TAHU...

YAP, moment pergantian tahun baru tentunya menjadi peristiwa yang mengasyikkan. Kumpul bersama teman-teman sangat berharga dan kesempatan yang tidak boleh di sia-siakan. Dimana masa muda ialah masa dimana kita mempunyai banyak kesempatan mengeksplor diri termasuk untuk menambah experience and adventure (mbolang ria). Setiap trip atau perjalanan  mempunyai nilai atau makna tersendiri atas apa yang akan kita alami selama perjalanan. Berbaur bersama masyarakat setempat mulai dari budaya, keramahan, dll.

Tema trip kali ini ialah tahun baru 2015 bersama pasukan teman-teman Universitas Brawijaya dengan formasi 3 fakultas (FEB, FPIK, dan FIA) berjumlah 9 Ekor hhe. Sebenarnya banyak yang mau join, tetapi ketika wakti mau berangkat banyak yang berhalangan karena berbagai hal. Salah satu teman kita dari Univ. Airlangga Bang Tegar opname di rumah sakit ketika 2 hari menjelang keberangkatan dan Keluarga Shindy lagi sakit. Semoga cepet sembuh dan bisa berkumpul bersama kami lagi ya serta semoga kita (termasuk keluarga) semua senantiasa diberi kesehatan/dilindungi Allah swt. Berikut pelakunya pada trip edisi tahun baru 2015 kali ini, yaitu Fendie (Admin), Arya, Alya, Axda, Tomi, Dewi, Lesti, Rinta dan Ratna.

Setelah jam 8 tepat kita berkumpul pada tanggal 31 Desember 2014, kemudian cuz ke tkp. Selama perjalanan ke lokasi kita sering menjumpai traveller yang lain berombongan untuk camping di Pantai yang mereka tuju. Perjalanan alhamdalah lancar tanpa kendala. Medan yang kita tempuh kurang lebih 3 jam karena jalanan sangat ramai dan juga harus menjaga ritme kecepatan karena banyak yang tidak tahu arah jalan (jika ngebut dan lancar bisa 2 jam saja).

Perjalanan kami dari Kota Malang menuju ke Pantai Goa Cina di Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing wetan, Kab. Malang sekitar 50-60 an KM (sekitar2-3jam dari kota Malang). Arah mencapainya dari Kota Malang bisa mengambil arah selatan ke Sumbermanjing Wetan dan mengikuti arah ke Pantai Sendangbiru. Lalu terdapat sebuah pertigaan dengan papan petunjuk arah ke kanan akan menuju ke Pantai Bajulmati dan Goa China (IKUTI ARAH RAMBU/PLANG JALAN SAJA). Sebelum bajul mati nanti di kiri jalan ada tulisan plang pantai goa cina. Belok saja masuk ke kiri jalan.

Sebelum ke tkp kami belanja ikan terlebih dahulu ke TPI Sumbermanjing. Disana banyak sekali ikan yang dijual mulai dari  Tuna, Tongkol, Kakap, Cumi, dkk. Ikan Tuna kami dapatkan setelah nego dengan penjual seharga Rp 15.000 per KG nya (4 ikan di tangan untuk dieksekusi malamnya hhhe).
Menjelang sampai ke lokasi kita harus waspada karena sekitar 1 km menuju lokasi jalanannya belum bagus, terdapat kombinasi bebatuan kapur dan tanah yang licin. Banyak yang terjatuh ketika kondisinya jalanannya di guyur hujan atau basah.

Wokeh, tibalah kita di P. Goa Cina siang hari dan parkir ditempat. HTM ke tkp RP 10,000(5000 HTM goa cina dan 5000 htm Watu Leter). Kemudian saya melakukan cek ke lokasi yang hendak kami dirikan camp/tenda untuk memastikan medan/trekkingnya di Pantai Watu Leter.

Pantai Watu Leter adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia dan Pantai ini terletak bersebelahan dengan Pantai Goa China (tinggal jalan menyusuri trek ke arah barat saja sejauh 500 meter). Letaknya di Dusun RowotrateDesa SitiarjoKecamatan Sumbermanjing WetanKabupaten MalangJawa Timur.

Pantai ini disebut Watu Leter karena karena ada tebing yang ujungnya berbentuk datar yang jika dilihat sangat menonjol dibandingkan bebatuan tebing yang lain. Pantai ini berbeda dengan goa cina kerana masih sepi bersih alami. Hal inilah yang membuat pantai ini masih di datangi oleh penyu jenis penyu abu-abu. Namun, terdapat cerita miris karena maraknya pencurian penyu maupun telurnya oleh masyarakat yang tidak bertanggung jawab. Syukurlah sekarang mulai muncul gerakan dari kelompok masyarakat setempat maupun LSM untuk menjaga dan melindunginya serta pemda sebaiknya membuat PERDA yang jelas. Sinergi itu wajib di taati, apalagi para wisatawan !!!!!!!!

Arah ke P.Watu leter tidak terlalu susah. Kita tinggal parkir di Goa Cina yang selanjutnya kita bisa berjalan kaki ke arah kanan atau barat lurus aja mengikuti arah jalan sampai terdapat tulisan watu leter sekitar 500 meter.

Camping ground yang bagus kami dapatkan dan sesegara mungkin untuk mendirikan tenda yang sudah dipersiapkan. Di tkp cukup melimpah bin surplus kayu kering yang bisa kita gunakan untuk membuat api/bakar2.

Kenapa kita pilih lokasi Pantai Watu Leter?

-    View pemandangan begitu luar biasa
- Terdapat banyak karang/pulau di tengah laut
-   Masih sepi dan jarang sekali orang kesini (bayangin aja di goa cina sudah sangat padat pengunjung dan camp serta ditambah lagi ada rombongan truk berisik yang bawa sound system) sehingga terkesan berisik dan mengurangi esensi camping L.
-    Sunset yang indah
-    Daerah ini merupakan daerah seringkali penyu bertelur
WARRRNINGGGGG ( JIKA KE TKP PANTAI WATU LETER INI HARAP JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN KARENA INI DAERAH KONSERVASI PENYU, etc)
JADILAH TRAVELLER/WISATAWAN YANG BERTANGGUNG JAWAB !!!
-     Terdapat banyak keong/kelomang
Ini menandakan bahwa pantai ini masih sangat alami (alhamdalah kami ketemu si keong yang tak beracun :D bukan keong racun hhhhh)
-  Ombaknya lebih tenang (di sudut timur ombaknya kalem sehingga bisa untuk berenang tetapi harus tetap waspada ya seperti karang atau barangkali ombak tiba-tiba besar.
-  Spot photo atau dokumentasi yang menakjubkan.

-       WARNING KERAS UNTUK MENJAGA TKP INI !!!!
Karena penyu terancam PUNAH !!! SO, jagalah habitatnya.... JANGAN JADI WISATAWAN ABAL2 yang bunag sampah sembarangan maupun merusaknya...

Malam pun tiba dan bakar-bakar bin masak dimulai sembari menunggu jam 12 malam. Moment malam bersama teman kami optimalkan dengan bermain kartu, nyemil, sharing2, becanda bin guyon sampai guling2 :D,etc. Merenung sejenak dan bersyukur atas rahmat Allah SWT selama ini. Semoga tahun 2015 penuh berkah J.

Pukul 12 malam tepat tiba dan dari arah kanan dan kiri penuh dengan kembang api. Dinikmati dulu hhe... welcome 2015 !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Paginya tanggal 1 Januari 2015 kami berkemas bersiap untuk trip selanjutnya untuk snorkeling, etc. Sebelum itu kita main air, trekking, dan mengabadikan via photo keluarga terlebih dahulu yang berjumlah 9 ekor/butir/biji tadi hhe. Nuansa makin akrab pun terasa gembira ceria ulalla hheew

Tepat pukul 9 kami cus ketkp snorkeling. Namun, setelah kita ambil motor diparkiran ternyata macet parah plus jalanan licin karena hujan paginya. Banyak korban berjatuhan karena licin dan padatnya kendaraan baik yang masuk maupun keluar ke p. goa cina. Dijalanan kami bebrapa kali menolong orang lain yang mengalami hal demikian. Gunakan gigi motor satu saja kerr kalau medannya hujan/susah.

Oke alhamdalah kita keluar dari medan susah 500 meter tersebut. Kita cuz  ke arah TPI Sumbermanjing. Sebelum TPI tadi nanti terdapat BANK BRI berjarak 10 meter dari belokan, nah sebelum bank tadi ada belokan ke kanan dan ada papan bertuliskan pantai clungup di utaranya bank BRI(bank nya ada di timur atau kiri jalan). Belok kanan langsung saja ya mengikuti rute yang ada....

Kami menitipkan motor di salah satu rumah warga karena medannya parah hais hujan sehingga motor berisiko jika memaksakan diri. Jadi kalo hujan ke tkp ini mending jalan kaki saja. Kami berjalan sekitar 1 KM menuju pos. HTM total dan plus 2 alat snorkeling sekaligus pelampung (80 ribuan total 9 orang masuk dan alat tersebut), Jarak dari pos ke pantai gatra cukup dekat sekitar 10-20 menit saja. Namun, jika ke clungup maupun sawarna maka cukup jauh dan trekkingnya tidak mudah.

Pantai Tiga Warna ( versi surga Raja Ampat nya Malang)
-           #  Jika snorkeling ke pantai gatra bebas pakai giude (mending tidak pake guide)
 Alat snorkeling+pelampung /HANYA Rp 15.000 SAJA
-         #jika snorkeling ke pantai SAWARNA (TIGA WARNA) Wajib pakai guide (10 orang= 50 ribu biaya guiede nya saja belum termasuk HTM dan alat)
     * Bersantai alternatif di pantai clungup, Kondang, /sekitarnya.

*LOKASI TERBAIK UNDERWATER ADA DI PANTAI SAWARNA (TIGA WARNA).
*JIKA KONDISI HUJAN/MEDAN PARAH, MAKA TIDAK BOLEH KE PANTAI SAWARNA.

*Jadi, di lokasi tersebut terdapat atau kitabisa menuju pantai gatra (snorkeling+cocok buat camping), clungup (snorkeling+cocok buat camping), kondang buntung(snorkeling), dan sawarna (snorkeling) serta panorama hutan bakau atau mangrove yang indah.

Dengan demikian kami akhirnya snorkeling ke pantai garta sembari trekking bonus mangrove area yang indah. Biasanya mangrove identik dengan tanah berlumpur. Namun, di mangrove sini unik karena justru bukan tanah lumpur tetapi pasir putih man :D. wawaw...  Pantai ini sangat indah karena membentuk teluk atau cekungan dan ada gugusan pulau juga. Dan seingat saya disana juga ada sumur air tawar sisi timur pantai. Disini juga ternyata terdapat keong.hhe nemu keong lagi tidak beracun lagi (bukan KEONG RACUN nya lagu sinta jojo hhe).

Sepulang dari aktivitas snorkeling dan trekking yang melelahkan sekaligus kelaparan wkwkwk kami mengambil motor yang kami titipkan ke salah satu warga sebelumnya.

Namun, apa yang terjadi????

Keramahan warga sana luar biasa. Kami berniat memberi uang parkir namun ditolaknya dan JUSTRU kami sudah disiapkan minum teh hangat dan buah-buahan. Selain itu, kami disiapkan makan dan miuman dingin juga serta dipersilahkan untuk mandi (super baiknya banget & penuh haru). Bagi teman2 trip kali ini jika kesana lagi usahakanlah bin wajib sowan bin mampir ke keluarga pak wit ya.

Sehabis kita bersih-bersih diri selanjutnya kita jelajah susur pantai lagi ke arah barat terus pantai bajul mati dan sekitarnya. Beberapa sebelum pantai bajul mati terdapat jembatan unik dan indah yang sungai nya menuju laut lepas serta terdapat pulau-pulau kecil. Sepanjang pantai bajul mati sekarang cukup bagus pengelolaannya. Disana terdapat fasilitas gubuk2, warung, etc. Bajul mati terus ke arah 2-5 KM ada sekitar 4 pantai yang lokasinya berdekatan dan view disini cocok untuk melihat sunset yang indah cetar badai membahana dan .....(terusin sendiri kerr :D).

# Ke pantai tiga warna dibatasi hanya 100 orang per harinya. jadi, sebaiknya booking dulu jika mau ke sana melelui 081233650886 (pokdarwis sendangbiru)

SUNSET DI P. WATU LETER (POTO KELUARGA)
 SUNSET DI P. WATU LETER

POTO KELUARGA DI P. WATU LETER

SNORKELING AREA PANTAI GATRA

VIEW PANTAI WATULETER

CAMPING GROUND KAMI

VIEW DI P. WATU LETER ARAH TIMUR

UNDANG UNDANG

MENUJU TKP SNORKELING (Saat air surut)

MANGROVE AREA (Setelah Pos HTM center dan menjelang pantai Gatra)

TELUK UNIK BIN INDAH DI PANTAI GATRA

KELUARGA BARU KAMI WITH PAK WIT FAMILY ( BU MUL N DE CHELSEA)
IM MANCHUNIANS  :D

PANTAI TIGA WARNA (RAJA AMPATNYA MALANG)
#‎SekilasInfo‬
Berhubung kuota max Pantai Tiga Warna 100org/Day, Maka diharap yg mau kunjungn mohon confrm dlu..
Format booking guide
NAMA_TANGGAL_NOHP_JAM SAMPAI DI LOKASI_JUMLAH ROMBONGAN.
Kirim by inbox ke FACEBOOK Bhakti Alam Sendangbiru or Lia Putrinda 24 jm.

Mohn maaf tidak terima ‪#‎NEGOISASI‬ ketika kuota sdh penuh...

Kirim by inbox ke Bhakti Alam Sendangbiru or Lia Putrinda 24 jm.
Nb: Untuk kunjungan Pantai Clungup n Pantai Gatra tdk perlu confrm gpp..
Mohon maaf n dimaklumi jika tidak terdaftr di list booking pantai 3 warna, hanya dapat mnikmati pantai clungup n pantai gatra saja
Terima kasih...
‪#‎SalamLestari‬

#‎SekilasInfo‬
Juni //04//05//06//07//08/09//10//13//14 #‎FullBooking‬
‪#‎PenutupanSementara‬ mulai tggl 18-25 juni 2015
Mohon maaf kami mengadakan penutupan total ini untuk menjaga keseimbangan area konservasi.

Reservasi Via FaceBook ; Bhakti Alam Sendangbiru
Fasilitas: Tersedia alat snorkeling, camping, etc di lokasi selama persediaan masih ada.

Pantai Tiga Warna
/http://images.detik.com/customthumb/2015/04/27/1025/img_20150427130834_553dd262ce7ff.jpg?w=600

sumber:fanspage  Bhakti Alam Sendangbiru

Diving di Pantai Tiga Warna

Puas menikmati alam pantai malang selatan kami kemudian melanjutkan perjalanan pulang ke kota Malang. Selama perjalanan kami menjumpai jalanan yang cukup macet membludak dua arah dan terasa beu khas kampas mobil yang menyengat. And then sampailah kita di Kota Malang malam hari berkumpul sejenak di univ. kita tercinta Brawijaya Raya. Terima kasih atas trip gokil ceria ulalaaa kali ini. Semoga trip selanjutnya better ^^ Sukses buat kita semua beserta pembaca tulisan ini.

AMMIN.

LET'S EXPLORE INDONESIA.....
WELCOME 2015 & GOOD BYE 2014

1. Maf mau tanya rute pantai sawarna itu gmn ya? Bisa jelasin g? Makash

2. Pantai Tiga Warna/Sawarna terletak satu area terusan atau bisa dibilang satu rute trekking.
    Jadi untuk mencapai rute tersebut ==> Urutannya Pantai Gatra ->Clungup ->Tiga Warna/Sawarna.
    Untuk ke pantai tersebut diwajibkan menggunakan Guide, Kecuali Pantai Gatra karena lokasinya cuma 300 meteran dari pos HTM.

3. Maaf mas mau tanya, yang anda maksud pos HTM itu pos HTM Pantai Goa Cina kah? Terimakasih

4. Iya benar di pos Goa Cina, HTM nya nanti jadi satu. Kemudian parkir saja kendaraan di Goa Cina dan Trekking ke arah barat mengikuti jalur yang sudah terbentuk/sudah ada sejauh 300 meteran ke arah barat (atau bisa tanya warga sekitar kalau bingung).

5. Menyusuri mangrovenya naik apa mas? Biayanya berapa mas kalo naik perahu?

6. Menyusuri mangrovenya trekking dengan jalan kaki saja bisa, tetapi saat air pasang sepertinya tidak bisa di akses. Sewa perahu pun ya standar mungkin kurang lebih 100 ribu/10 orang (*asumsi perkiraan) jika ingin jelajah area sekitar.

HTM yg ke Pantai Watu leter parkirnya di HTM Goa Cina.
    Namun, jika ke pantai gatra arahnya ke tempat pelabuhan pelelangan ikan TPI Sendang biru. Namun sebelum TPI,nanti ada pertigaan sebelum Bank Bri ada belokan ke kiri/barat (nah langsung belok aja). Kurang lebih 500 meter jaraknya ke pos HTM (motor bisa dibawa masuk sampai POS HTM kok asal tidak dalam kondisi hujan karena jalanannya masih tanah dan becek).

7. ada contact person untuk guide yang di pantai tiga warna ngga ?

8. mas mau tanya, bagaimana jika memakai mobil?? apakah kita bisa parkir di dekat rumah yang mas sarankan?? atau harus tetap di pos HTM td?? makasih mass.

9. CP Pantai tiga warna (081233650886), untuk ke pantai ini dibatasikuota hanya 100 orang saja per harinya. Jadi, sebaiknya booking dulu jika mau ke tiga warna. Selain tiga warna tidak ada kuota.

Jika ke pantai tiga warna/gatra/clungup sementara mobil tidak bisa masuk, melainkan trekking/pake motor ke pos htm masih bisa.

Jika ke pantai watu leter bisa kok saat ini memakai mobil ke tkp.

#please janga buang sampah sembarangan :) !!!

10. Naik perahu itu kondisional,paket tersebut nanti bisa ditanyakan di pos center nya an biayanya mungkin standar.

11. Mas apakah ke watu leter nya mobil masuk ke goa cina dahulu apa ada jalan lain selain lewat goa cina?

12. p. watu leter itu satu lokasi kok sama p. goa cina. Mobil bisa diparkir di goa cina. Namun jika ingin membawa mobil ke tkp watu leter bisa kok. Rute nya sekarang sudah terbentuk. Tinggal ke arah sisi kanannya p.goa cina kemudian mengikuti jalur yg sudah terbentuk saja sejauh 200 meteran. Nanti ada plang watu leter kok nempel di pohon.

13. ada fanpage untuk pantai 3 warna ? tau format untuk boking kesana
    dan apakan di sana menyediakan peralatan untuk camping misalnya tenda

14. Kalau mau booking ke pantai 3 warna hubungi ke mana kak? No diatas itu kah? Makasi kak

15. Format booking :
    NAMA_TANGGAL_NOHP_JAM SAMPAI DI LOKASI_JUMLAH ROMBONGAN.
    contoh :
    RHEZA_12/4/15_081233650886_09.00_10org
    Kirim by inbox ke Facebokk :Bhakti Alam Sendangbiru

16. kalau bawa mobil dan mau ke pantai clungup parkirnya apa di sendang biru ya? trekking dari sendang biru - clungup - tiga warna butuh brp jam kira2?

17. jika bawa mobil, maka parkirnya sebaiknya di sekitar dekat pelabuhan TPI sendang biru saja/dirumah warga sekitar situ (bukan di tkp wisata sendang birunya). Selanjutnya trekking jalan kaki 30 menitan. Karena mobil tidak bisa masuk area TKP...

18. Mas tanya, kalau misalnya 3 warna udah penuh.
    kan bisanya cuma ke pantai gatra. Kalau ngecamp di pantai gatra apa harus booking tempat dulu? Terus boleh ndak snorkling di pantai gatra?
    Terimakasih

19. untuk rute perjalanannya dari bandung baik nya gimana ya? pantai nya baguus...

20. kalo ke pantai gatra bebas baik ngecamp ataupun kunjungan tanpa camp dan tanpa harus booking serta diperbolehkan snorkeling gratis kok di pantai gatra,

dari bandung bisa via kereta, darat, or pesawat. Nanti sewa motor rata2 di malang 50 ribu per hari sambil pakai maps smartphone ke tkp. mudah kok rutenya.

21. untuk snorkeling di pantai gantra mas menyarankan sebaiknya datang pagi, siang, atau sore mas ?
    makasii

22. Snorkeling di GATRA bisa kapan aja asal kondisi air tidak saat pasang banget atau turun banget, rekomendasinya siang - sore . . . (diperbolehkan nge camp juga di Gatra + beli aja ikan di pelelangan Tpi Sendangbiru).

23. Maap mas. Saya barusan tlp ke contact person nya ga aktif. Ada no lain yg bisa dihubungi?
    Terimakasih

24. Mas, kalau mau ke pantai 3 warna tapi naik mobil, terus parkirnya dimana ? Dan aman gak ?

25. Ayo NGEtrip bareng teman2 bersama Kompas Travel Open trip pantai 3 warna start batu-malang.Reserfation WA:085739290143 BB:293B5199

26. Gan? Mau nanya? Sebenarnya camping di pantai gatra itu reservasi apa nggak?

27. Rafie Akbar : parkir aman kok vroh, kasih tips ke warga yg diparkirin dan pastikan benar2 dipercaya orangnya.

Kutipan info terkini dr fb resminya:

BUDAYAKAN MEMBACA SEBELUM RESERVASI 2016

‪#‎Booking‬ hanya untuk tanggal datang ke pantai tiga warna
    (Clungup dan Gatra tanpa booking/bebas datang tanpa booking)
    ‪#‎WaktuBooking‬ jm 08.00-16.00
    ‪#‎Max1Boking‬ 10org/rombongan
    ‪#‎fullbooking‬ tanggal

Januari 21,23,24,28,30,31

Februari tggl 4,6,7,8,11,14,18,25

Selain dr taggal diatas masih free kawan

Mohn maaf tidak terima ‪#‎NEGOISASI‬ ketika kuota sdh penuh...

Format booking :
    Nama_tggl dtg_no hp_jam dtg_jmlh org

Admin Bhakti Alam Sendangbiru dan Lia Putrinda
    Sms 082132677713
    Call 081233339889
    Hanya melayani sms/call di jam booking

‪#‎SalamKonservasi‬

28. Mas, di Watu Leter sdh ada rental alat camping gak? Makasih

Balasan
    1. Kurang paham mb, lebih baik cek ke petugas pintu masuk portal atau sekitar. Dugaan saya sih kemungkinan bisa ada, tapi lebih baik sewa di kota Malang banyak kok, seperti di depan area Terminal Lnadungsari

Hapus

Yuk, sampaikan komentarmu, Bebas Berkomentar Kok Asalkan TIDAK SARA !