Selasa, 12 Maret 2013

Apa itu arti atau fungsi dari istilah Perbankan LDR, RR, dan NIM ?



LDR

Pertumbuhan itu telah membuat loan to deposit ratio (LDR) menebal dari 81,03 persen menjadi 83,78 persen. Maknanya, bank umum telah melampaui LDR minimal 78 persen seperti disyaratkan oleh BI untuk menggenjot kinerja kredit perbankan nasional dengan kisaran LDR 78-100 persen. Apa artinya LDR minimal 78 persen? Artinya, manakala suatu bank dapat menghimpun DPK Rp100 triliun, bank tersebut wajib menyalurkan kredit minimal Rp78 triliun.

RR

Reserve ratio (rr) / kebijakan nisbah cadangan. Caranya adalah dengan mewajibkan sejumlah tertentu cadangan yang harus ada di bank umum. Misalnya jika rr diwajibkan 10%, maka apabila seorang nasabah menabung Rp.1.000.000 di bank, hanya sejumlah Rp.900.000-nya yang boleh dipinjamkan bank ke pihak lain. Rp.900.000 ini nantinya akan menjadi uang beredar “baru” yang dilakukan oleh bank umum. Sedangkan sisa 10%nya, atau rp.100.000, harus tetap ada di bank sebagai cadangan. Dari sini, kita bisa melihat bahwa rr akan dinaikkan jika bank sentral ingin melakukan TMP (kebijakan ketat). Sebaliknya, rr akan diturunkan jika bank sentral ingin melakukan EMP (kebijakan longgar/easy).

NIM

NIM dihitung sebagai persentase dari aset dikenakan bunga. Sebagai contoh, rata-rata pinjaman bank untuk nasabah adalah $ 100,00 dalam setahun sementara itu memperoleh pendapatan bunga sebesar $ 6,00 dan bunga yang dibayar sebesar $ 3,00. NIM kemudian dihitung sebagai ($ 6,00 – $ 3,00) / $ 100,00 = 3%. Pendapatan bunga bersih sama dengan bunga yang diperoleh dikurangi bunga yang dibayarkan kepada pelanggan.

fendie167


3 komentar:



  1. Moshi Moshi.

    Apakah Anda membutuhkan dukungan finansial? telah Anda berpikir untuk mendapatkan pinjaman? Saat ini kami menawarkan panjang dan jangka pendek pinjaman kepada publik. Kami dapat membantu Anda
    pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah. Hubungi kami sekarang: jackcooperservices@gmail.com

    Nama Lengkap ...... ..
    Hubungan Seks ............ ..
    Umur .............
    Nomor Telepon ....
    Negara ..........
    Kuantitas yang diperlukan ...
    Pinjaman Jangka ....
    Pendapatan bulanan ....

    Harapan untuk mendengar dari Anda segera.

    Best Regard.
    dongkrak


    pinjaman

    BalasHapus
  2. Terimakasih banyak sudah menjelaskan tentang apa itu LDR

    BalasHapus

Yuk, sampaikan komentarmu, Bebas Berkomentar Kok Asalkan TIDAK SARA !