Sabtu, 03 Januari 2015

Surganya UNDERWATER dan Sisi Lain Kepulauan Karimunjawa Jawa Tengah

Trip seminggu bulan Juli 2013 bersama keluarga mahasiswa yang gokil2...
Fendie, Arya, Dody, Anton, Ayu Widya, Hasnan dan.... (jogja), Dika, Ochi (Bandung), mas Indra, etc

TRIP TANGGAL JUNI-JULI (seminggu)

START MALANG KE SURABAYA

Pada waktu itu perjalanan dimulai tanggal 28 Juni 2013 kami berngkat bersama teman kami kumpul (titik kumpul) di terminal arjosari kota malang pada pukul 14.00 WIB. Perjalanan kami menggunakan bus dari Malang menuju Surabaya yagng di tempuh sekitar 2-3jam perjalanan. Tiket bus tersebut seharga tarif biasa yakni hanya Rp 13.000,-. Ada juga pilihan lain bus lain untuk menuju surabaya yakni menggunakan bus patas, bedanya hanya pada fasilitas dan tarif. Bus patas tiketnya sekitar Rp 25.000,- sampai Rp 30.000 ber AC dan tanpa nge-tem (tanpa berhenti dijalanan ketika ada penumpang yang ingin naik) sedangkan bis non patas dia bisa sewaktu waktu berhenti dijalan ketika ada penumpang yang mau naik di ring road(malang-sby).

-          Pukul 14.15 berangkat dari terminal arjosari. Sampai di terminal Purabaya/bungurasih surabaya pukul 17.00wib (bus standar).
-          Rute dari kota malang ke Jepara ada dua:
1.      Malang- semarang dengan bus nusantara (tiket rp 90rb-100rb) kemudian dilanjutkan rute semarang-jepara. Berdasarkan informasi tanpa makan. Jadi kurang efisien karena dari sisi harga,fasilitas (belum termasuk makan), dan rute yang lebih lama atau jauh.
2.      Malang-surabaya-jepara (tiket mlg-sby 13rb,sby jepara (Bus indonesia 85ribu+makan)
Alasan kami menggunakan rute yang kedua ialah karena rute tersebut terefisien. Tidak hanya efisien waktu, tetapi juga dari sisi biaya/cost.*fasilitas bus tersebut tergolong baik karena terdapat toilet,bersih,ber AC, TV, dan musik serta sudah termasuk makan pula 1X di RM tuban). Di tempat pemberhentian sementara tersebut juga banyak terdapat toilet, mushalla, dan terdapat orang berjualan oleh-oleh sejenis makanan yang terbuat dari kelapa muda yaitu “WINGKO BABAT” seharga 10-15rb dan bisa ditawar juga.

Dengan pertimbangan tersebut kami memilih rute yang kedua. Kami harus sampai sebelum pukul 06.00wib. karena kapal muria berangkat pukul 06.00 wib.

SURABAYA KE JEPARA

Sesampainya disurabaya kami menunggu jadwal bus indonesia keberangkatan ke jepara pada pukul 18.00wib.*jadwal bus indonesia ada dua yakni pukul 18.00 dan pukul 20.00wib. selama menunggu ternyata banyak juga yang mau ke karimunjawa yang kebanyakan para mahasiswa dan wisatawan lain. Sedikit informasi Tiket bus sistemnnya bayar di dalam bus. Jadi ketika bus datang buruan untuk rebutan kursi. Kami berangkat bersama teman-teman ada yang dari bali,sby,mlg,dll okey, kemudian bus akhirnya berangkat dan berhenti di tuban untuk makan+minum gratis (kuponnya ada pada karcis/tiket untuk ditukar ke kasir dengan menu makanan yang anda pilih sesuai selera). Perjalanan dilanjutkan kembali.

-          Bus tiba di jepara pada pukul 03.00wib. karena jalur dipantura sempat macet. Untuk perjalan menuju dermaga/pelabuhan kami menggunakan becak seharga rp 10-15rb saja untuk dua orang dan sekalian mampir ke indomaret untuk mengambil uang di ATM dan membeli persediaan makanan dan minuman.

-          Sebaiknya sebelumnya kalau bisa sedia uang kas, karena untuk mengantisipasi akibat kurangnya fasilitas ATM atau kehabisan uang di karimunjawa. Namun, disana sudah terdapat ATM BRI. Karena pada waktu musim liburan ATM dikarimunjawa banyak digunakan orang. Jadi rawan habis uang di ATM nya.

Sesampainya di dermaga/pelabuhan kami berkumpul/titik kumpul di warung Bu Bambang untuk menunggu loket tiket dibuka dan makan pagi serta kumpul dengan teman-teman satu tim. Namun kami tidak perlu mngantri tiket karena sudah ada yang mengaturnya. Dan tiket akhirnya kami dapat.

Day 1: MENYEBRANG KE KARIMUN JAWA

Kapal muria (kapal standar)berngkat pukul 07.00wib dengan perjalanan sekitar 6-7 jam. Tetapi jika menggunakan kapal cepat/express hanya 2 jam saja. Namun bisanya tiket kapal cepat sudah atau cepat terjual/sold out. Sepanjang perjalanan ke taman nasional kepulauan karimunjawa kami mengisi waktu dengan menonton tv/film yang telah disediakan pihak ASDP KAPAL MURIA. Film yang waktu itu diputar adalah film warkop. Namun ada hal yang menarik, ternyata beberapa bule ada yang suka menontonnya sampai ketawa,ahahaa. Selain itu mengisi waktu dengan mengobrol sesama wisatawan mulai dari sesama mahasiswa sampai orang-orang sekitar.

MELIHAT LUMBA-LUMBA SAAT ON THE WAY

Sepanjang perjalanan yang lama dan melelahkan itu kami terkejut/surprsised dan terhibur karena melihat segerombolan ikan lumba-lumba  yang lewat di sisi kiri kapal serta kebetulan posisi kami di sebelah kiri kapal. Jadi itu merupakan kesempatan langka melihat langsung ikan tersebut dihabitatnya karena belum tentu melihat ikan tersebut setiap saat ketika kapal lewat.

TIBA DI PELABUHAN ATAU DERMAGA KARIMUN JAWA “SELAMAT DATANG DI KARIMUN JAWA”

Gugusan pulau karimunjawa akhirnya terlihat semakin jelas. Kapal akhirnya sampai siang hari di dermaga/pelabuhan karimunjawa. Selepas turun dari kapal dan wowww, wonderful. Kami disuguhkan dengan Laut yang jernih/bening dan ikan yang banyak terlihat serta terumbu karang. Cuaca terik dan panas tidak mengahalangi kami untuk sejenak foto-foto di depan tulisan “selamat datang di karimunjawa”. Kelelahan kami terbayar dengan puas.

MENUJU HOMESTAY

Setelah berfoto ria kemudian kami dijemput mobil yang sudah disiapkan dan berangkat menuju homestay tempat kami menginap. Namun sopirnya seperti pebalap/SOPIR F1 ngebutnya minta ampun sambil membunyikan klakson berkali-kali di sepanjang perjalanan. Kami pun cukup kaget, betapa tidak saat melintas diperkampungan tapi kecepatannya ngebut. Jantungpun akhirnya bisa tenang karena sudah tiba di homestay. Homestay ialah semacam, tinggal dirumah-rumah penduduk. Selain homestay juga terdapat penginapan dengan berbagai fasilitas, seperti homestay”(AC,WIFI), hotel, dan, resort.

Sesampainya di penginapan kami disambut dengan minum es kelapa muda yang segar dan makan bersama, tentunya makanan ikan laut. Ikannya yang dimasak begitu khas karena terbungkus dengan daun/semacam pepes yang daunnya hanya ada dikarimunjawa, terang”ibu yang memasak”.

Pengingapan yang kami tinggal di pecah menjadi dua rumah. Bapak si pemilik penginapan yang teman kami tinggali ternyata anaknya adalah sutradara dan dirumah tersebut banyak tertempel foto-fotonya, seperti film-film yang pernah dibuat. Termasuk H.Rhoma Irama pernah menginap disitu (ada juga foto-foto beliau bersama Raja Dangdut tersebut). Namun saya dan beberapa teman lainnya menginap di homestay yang satunya tepatnya di homestay Al-Muslim persisi di depan rumah tersebut terdapat mushalla. Rumah penginapan yang saya tinggali ternyata rumah tertua dan bersejarah, terang”pemilik homestay”. Dirumah tersebut terdapat banyak ornamen ukiran-ukiran yang bagus dan artistik. Kamarnya juga bagus, terdapat springbed, meja kursi, alamari,kipas angin, dan bersih. Setiap pagi dan sore hari kami disediakan teh hangat. Saya pribadi termasuk sangat akrab kepada beliau sampai-sampai sering dikasih makanan olehnya. Betapa beruntungnya kami dengan pengalaman yang luar biasa.

Setelah kenyang kami melepas lelah atau menikmati free time. Sore harinya kami melihat sunset di dermaga yang dekat alun-alun. Disitu banyak terdapat perahu-perahu nelayan. Kemudian malam harinya kami patroli melihat-lihat keadaan kampung disekitar dan berhenti di alun-alun sambil ngobrol-ngobrol/kongkow-kongkow sembari menikmati kopi dan jajanan yang banyak terdapat di alun-alun karimun jawa. Disekitar situ terdapat banyak orang berjualan mulai dari souvenir/oleh-oleh, makanan hasil laut/seafood, jagung bakar, bakso, dan lain lain. Harganya pun terjangkau.

FASILITAS
Fasilitas di karimunjawa terdapat :
-          Homestay
-          Hotel
-          Resort
-          Tk,Sd,Smp,Smk
-          Warnet, Wifi
-          Atm Bri Dan Bank Bri
-          Listrik Pukul 18.00-06.00 Wib.
-          Signal Cellular Indosat,Telkomsel,Telkom.
-          Puskesmas
-          Badminton Indoor
-          Lapangan Sepakbola / Alun-Alun
-          Masjid Dan Mushalla
-          Balai Pembenihan Budidaya Ikan Air Payau Dan Air Laut
-          Wisata Tracking Joko Tuo(Melihat Sunset Di Puncak Gunung, Disitu Ada Juga Kerangka Ikan Paus)
-          Bandara
      Badminton Indoor
-          WISATA BAKAU
-          DLL

Tanggal 2013-07-29

DAY 2 :START SNORKELING

Menuju pulau / spot pertama

Pagi kami berkemas untuk snorkeling. So jangan lupa siapkan sun block anti matahari biar tidak gosong. Bawalah juga roti, dan alat pancing yang banyak dijual didermaga dekat alun-alun (cukup senar dan kali serta dagung ikan sebagai umpannya). Sebelum masuk kapal kami berfoto ria dahulu karen kulit kami mumpung belum hitam/gosong. Untuk kamera bawah laut(underwater) dan peralatan snorkeling sudah disiapkan sama agen/guide  kami. Kami berangkat bersama 8 0rang (fendie,arya, anton, widya ayu, dika,ochie, opie, hasnan, dan bung wahyu indera TL kami)serta guide profesional+ABK. Kami beruntung karena tidak banyak orang, sehingga perjalanan bisa lebih nyaman dari pada terlalu ramai. Bahkan tetangga sebelah sampai puluhan orang dalam satu kapal.
Peralatan udah siap, pak kapten juga siap untuk menjalankan kapalnya. Namun kami mengalami hal-hal yang tidak dirasakan wisatawan lain yakni ketika mesin sudah dinyalakan dan melaju tiba-tiba ada kapal lain yang lewat depan kami. Alhasil BRAKKKKKKKKKK, Kapal yang kami tumpangi bertabrakan dan kapal yang kami tabrak terdapat dua orang yang sontak lompat kelaut. Syukurlah keadaannya tidak terlalu parah. Namun kami sport jantung, coba bayangkan baru pertama kali naik kapal/perahu mengalami tabrakan. Hmm ngeri dan dangerous, untuk bukan dilautan lepas.

Its okay, setelah baik-baik saja kami melnjutkan perjalan ke spot snorkeling yang pertama. Tips nya kita harus beradaptasi dahulu. Karena kalau sebelumnya jarang/tidak pernah laut ketika merasakan air laut benar-benar tidak enak dan sensitiv terhadap tenggorokan. Pakailah peralatan snorkeling dengan benar. Bagi yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir karena sudah tersedia pelampung. Disarankan snorkeler untuk memakai sepatu katak karena terumbu karangnya cukup tajam dan berbahaya (karang-karang tertentu berbahaya) serta biota laut yang lainnya semacam bulu babi (durinya beracun) dan sebagainya.

Setelah peratan kami snorkel disekitar situ. Hal yang pertam kali saya snorkeling. Hmm pemandangan bawah laut yang luar biasa. Subhanallah. . .

Terumbu karangnya begitu bagus-bagus beserta biota laut didalamnya, mulai dari bintang laut, ikan warna-warni sampai ikan monster yang besar. Seakan masuk dalam akuarium yang besar. Setelah puas kami naik kapal dan menuju destinasi/spot berikutnya ke pulau tetangga.

Pulau kedua

BBQ (bakar ikan kerr)

WAW, pulaunya sungguh indah. Airnya begitu jernih, dangkal dan berpasir putih yang halus. Setelah capek snorkeling dan perut terasa lapar kuadrat  kami beraktivitas bakar-bakar ikan. Nyam nyam. Aneka ikan yang fresh dibakar dengan sayur, kerupuk dan aneka sambal khas karimunjawa yang telah disiapkan semakin menggugah selera. Sambalnya ada dua yakni sambal merah dan sambal kecap yang khas. Sembari makan kami menikmati pemandangan pantai yang tak dihuni dan alami serta tumbuh pohon cemara disertai semilir angin. Selepas makan, kami berfoto ria disekitar pulau tersebut bersama-sama.WONDERFUL.

Pulau ketiga

Selepas makan dan kenyang serta menikmati aktivitas pantai berpasir putih kami menuju spot sorkeling berikutnya. Dalam perjalanan menyebrang ke pulau satunya gelombang ombaknya begitu besar. Hmm khawatir juga terjadi kenapa-napa. Akhirnya kami sampai di spot snorkeling kedua. Pemandangan bawah lautnya ternyata lebih bagus dari pada yang pertama. Namun kita harus berhati-hati karena banyak terdapat bulu babi yang berduri. Tak bisa berkata apa-apa karena begitu indahnya terumbu karang yang warna-warni dan biota lautnya.

Menuju Sunset+nyemil tepi pantai

Selepas snorkel ria kami meuju spot bersantai untuk menikmati sunset. Sesampainya disana ternyata sudah banyak wisatawan yang bersantai ria. Disekitar situ banyak terdapat warung yang langsung menghadap ke arah sunset. Harganya pun bisa dibilang murah/terjangkau. Kami memakan pisang goreng,gorengan lain, dan es dingin yang segar. Sehabis itu kami berfoto ria dan menikmati sunset.
Menuju dermaga

Setelah seharian dilaut kami akhirnya tiba di homestay sore pukul 18.00. selepas mandi,shalat dan lain-lain kami melakukan patroli lagi, soalnya mumpung sedang dikarimunjawa. Dan bersantai ria sambil bermain kartu, nonton tv,dll.

DAY 3 : BEST DAY : SNORKELING, MEMANCING, BBQ, PENANGKARAN HIU

Perjalanan kami dimulai pagi pukul 08.00 wib langsung menuju spot snorkeling yang pertama. Saat perjalanan ombaknya begitu besar. Syukurlah akhirnya  sampai di pulau. WEWWWW pulaunya super duper indah dengan pasir putih terhalus yang pernah saya tahu dan terumbu karangnya jelas terlihat dari atas kapal/dermaga. Ini tempat snorkel yang terbaik dari pada sebelumnya karena ikannya sangat banyak dan terumbu karangnya jelas terlihat warna-warni. Dipulau ini terdapat sekitar beberapa cottage/resort yang cocok bagi yang berbulan madu.
Kalau mancing umpannya pakek dagung ikan sudah cukup.

Menuju Pulau tengah : BBQ

Perutpun terasa lapar seakan ingin memangsa makanan laut. Kapal berangkat ke pualau selanjutnya yakni pulau tengah namanya. WAAW pulaunyadengan pas juga mantab jaya. Disekitar pulau terdapat resort, kedai apung (tempat makan diatas laut), rumput hijau dan pemandangan yang bersih serta alami khar taman nasional karimunjawa. Disitu hanya terdapat satu kedai/warung penjual makanan dan minuman. Tak sabar menunggu ikan bakar yang belum matang kami jajan dahulu pisang gorang dan es segar sembari berfoto ria. Namun harga makanan dan minuman disini cukup mahal. Mungkin sesuai hukum ekonomi akibat supply demand dan scarcity. Back to BBQ, ikan bakar telah matang beserta aneka sambal dan kerupuknya. Puas mnyantap ikan bakar dan menikmati pulau ini kemudian kami menuju spot snorkeling berikutnya.

Akhirnya sampai di TKP spot sorkeling yang terakhir. Waw amazing ternyata disini karangnya terindah dan banyak terdapat anemon atau Ikan Badut atau NEMO. Pasti tau nemo kan? Pemeran difilm fenomenal “FINDING NEMO”. Ikan tersebut juga mudah ditangkap dengan cara memakai gelas aqua. Caranya ialah dengan menggiring ikan tersebut kemudian memasukkan kedalam gelas tersebut. Beberapa nemo pun kami tangkap. Namun saran guide nemonya jangan dilepaskan begitu saja karena takutnya dimangsa ikan-ikan predator. Jadi harus dikembalikan ke tempat asalnya dan jangan lama-lama dimasukkan botol/gelas karena bisa mati. Ternyata nemo sensitiv juga.

Disetiap kami habis snorkeling biasanya kita memancing dari atas kapal dengan umpan daging ikan. Ikannya pun mudah dipancing dan sampai dapat ikan kerapuh (ikan favorit untuk dikonsumsi) dan ikan lainnya.