Selasa, 10 Februari 2015

Beasiswa Resmi Ke Belanda yang Menjanjikan

StuNed Scholarship Programme: Kesempatan untuk Berkontribusi dalam Pembangunan Indonesia

stuned logo   text

If you are from a Dutch institution and wish to know more about the StuNed programme, please go to the StuNed page in English or contact us via or +62 21 5290 2172 (8AM-11AM Dutch time).

Sekilas tentang StuNed
StuNed, Studeren in Nederland, atau studi di Belanda, adalah program beasiswa yang bertujuan membantu pembangunan Indonesia melaluipeningkatan sumber daya manusia pada institusi-institusi di Indonesia. Setiap tahun antara 200 sampai 250 beasiswa penuh ditawarkan kepada mereka yang bergiat dalam pembangunan Indonesia.
Penerima beasiswa dapat mengikuti program studi internasional dalam bahasa Inggris seperti master course, short course, atau tailor made training.
Program StuNed merupakan bagian dari kerja sama bilateral pemerintah Belanda dengan Indonesia yang tercantum dalam Multi Annual Policy Framework (2014-2017). yang meliputi  bidang-bidang yang diprioritaskan yaitu:
  • Keamanan dan Penegakan Hukum (Security and Rule of Law)
  • Air (Water)
  • Agro Pangan dan Hortikultura (Agri-food and Horticulture)
  • Transportasi dan Logistik (Transportation and Logistics)
  • Sektor Medis (Medical Sector)
StuNed menitikberatkan pada pengembangan dan meningkatkan-kapasitas institusi dalam rangka mendukung bidang-bidang tersebut.

Modalitas Program StuNed
PROGRAM MASTER (individual application)
Program Master diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi internasional di Belanda untuk jangka waktu pendidikan 12-24 bulan dan diakhiri dengan diperolehnya gelar Master dari Belanda yang diakreditasi oleh NVAO (Nederlands – Vlaamse Accreditatie Organisatie)
PROGRAM SHORT COURSE (individual application)
Program Short Course meliputi kursus-kursus spesialis bertaraf internasional dengan waktu penyelenggaraan 2 – 12 minggu dan diakhiri dengan pemberian sertifikat atau diploma. Program ini diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi internasional atau pusat pengetahuan keahlian lainnya.
PROGRAM TAILOR MADE TRAINING (group application)
Program Tailor Made Training diperuntukkan bagi organisasi yang berkeinginan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya. Program Tailor Made Training biasanya berlangsung selama 3 minggu dan diberikan oleh institusi pendidikan tinggi internasional atau pusat pengetahuan keahlian lainnya. Pilihan modul, jadwal, lokasi dan jangka waktu disesuaikan dengan kebutuhan organisasi pemohon.
SASARAN
Kandidat StuNed idealnya memiliki komitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kapasitas institusi tempat mereka bekerja, memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Belanda dan juga meningkatkan efektifitas dari program-program kerja yang sedang berjalan.
Prioritas akan diberikan kepada pelamar yang:
  1. Program studi dan/atau area pekerjaannya berkaitan dengan bidang prioritas kerjasama bilateral Indonesia dan Belanda.
  2. Berpotensi menjadi pemimpin di masa mendatang yaitu mereka yang memiliki prestasi akademis dan non akademis/kepemimpinan yang sangat baik, yang dibuktikan dengan berbagai pencapaian di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Memiliki motivasi kuat untuk mengikuti program studi yang dipilih, yang diartikulasikan di bagian motivation statement di formulir pendaftaran.

PERSYARATAN UMUM
  • Warga negara Indonesia
  • Telah memperoleh unconditional admission letter dari salah satu institusi pendidikan tinggi di Belanda
  • Pendidikan  minimal S1, minimal IPK untuk master 3,00 dan short-course 2,75
  • Memiliki nilai IELTS 6 atau TOEFL IBT minimal 80 untuk master course dan nilai IELTS 5,5 atau TOEFL IBT minimum 68 untuk short course. Khusus untuk tailor made training masih dapat menggunakan nilai ITP TOEFL minimal 525
  • Pengalaman kerja sebagai karyawan tetap selama minimal dua tahun di institusi terakhir sebelum batas akhir pendaftaran atau fresh graduate yang memiliki prestasi sangat baik (akademis dan non-akademis). Didukung penuh oleh institusi/organisasi tempat bekerja yang dituangkan dalam employer statement

BEASISWA STUNED MELIPUTI:
  • Uang kuliah
  • Biaya hidup (uang bulanan)
  • Biaya penelitian (bila diperlukan)
  • Paket asuransi (perjalanan, kesehatan, third party liability)
  • Biaya perjalanan internasional dan lokal
  • Biaya pembelian buku-buku kuliah
  • Biaya pengurusan visa
*@ Belanda Kita juga bisa kerja sampingan, dan teman-teman ppi Belanda akan membantunya. 


TRIK: 
HARUS DITERIMA DULU (LOA) BARU KEMUDIAN KITA MENGAJUKAN BEASISWANYA !!!!

Untuk tahun 2015: *tiap tahun ada kok

pendaftaran StuNed sudah dibuka dengan batas waktu pendaftaran sampai 15 Maret 2015 untuk program master (S-2) dan 1 Maret 2015 untuk short course.

PROSEDUR PENDAFTARAN BEASISWA STUNED
Informasi tentang prosedur pendaftaran beasiswa StuNed dapat diakses melalui www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/stuned
If you are a Dutch institution and wish to inquire about StuNed programme, please contact

sumber; http://www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/stuned

0 komentar:

Posting Komentar

Yuk, sampaikan komentarmu, Bebas Berkomentar Kok Asalkan TIDAK SARA !