Rabu, 08 April 2015

Mendaki Merasakan Mistisnya Gunung Arjuno & Gunung Welirang Jawa Timur

Gunung ini merupakan gunung favorit para pendaki sembari merasakan aurah mistis gunung ini. Melalui gunung ini akan terlihat pemandangan yang luar biasa. Banyak pendaki baik lokal maupun negara lain kesini untuk merasakan pesonanya. Kemarin saya juga menjumpai beberapa turis eropa yang turut mendaki kesini.
Pendakian dimulai pada hari kamis tanggal 2 April -  5 april 2015 dengan tujuan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang. Pendakian ini diadakan oleh komunitas Gamananta, yakni suatu komunitas pecinta alam yang juga mengedapankan sisi konservasi alam (jadi tidak hanya travelling saja, tetapi juga menjaga alam dan merawatnya). Bersama dengan 11 orang kami berkumpul di daerah Malang dan start ke arah tretes, pandaan pada pukul 7.30 pm. Sekitar sejam kemudian kami tiba di pos registrasi tretes sekitar pukul 9 pm untuk melakukan registrasi. Setelah registrasi selesai, kami melakukan pemanasan sejenak agar tidak cedera nantinya.

Aurah tretes saat itu cukup dingin suhunya, start jam 10pm pendakian dimulai. Awal perjalanan kami langusng disambut tanjakan yang cukup menguras energi sembari mendengar lolongan anjing di sekitar jalur trekking.
*Kuncinya kita harus yakin dan jangan sering berhenti, agar segera sampai dan tidak kedinginan.
* Sebaiknya menggunakan kaos yang mudah kering saat hiking karena suhu tubuh akan terasa panas dan tidak berbahaya karena jalur awal masih aman serta suhu tidak terlalu dingin.
*Sebagian bawalah botol kosong supaya tidak berat dan di isi sewaktu melawati sumber air.

Jalur tretes merupakan jalur yang panjang, berbatu, dan lumayan terjal. Namun, kelebihan jalur ini ialah banyak ditemukan lokasi sumber air sepanjang perjalanan dan jalurnya cukup mudah dihapal. Kita tinggal mengikuti jalur mobil hard top/jeep saja berakhir di pos penambang belarang (pondok kokopan).

Jalur terus menanjak dan sekian menit kemudian melewati pet bocor. Dilokasi ini terdapat sumber air dan warung. Airnya begitu segar dan alami waktu diminum. Setelah berhenti sekitar 5 menit, kami lanjut hiking dan melewati pos 1 dan terus hiking melewati jalur mobil jeep yang berbatu yang cukup panjang. Akhirnya, pukul 1 an pm kami sampai di pos Kokopan untuk mendirikan tenda dan bermalam. Pos ini merupakan pos yang terdapat sumber air yang melimpah dengan view gunung penanggungan yang indah dan cocok untuk mendirikan tenda.

Pagi, kamii mulai memasak dan makan serta bersiap hiking lagi menuju pondok kokopan dengan mengikuti jalur mobil yang tersedia. Start jam 10 am kami hiking lagi dengan rute yang sangat panjang. Beberapa kali dijalur ini terdapat tanjakan lurus yang tajam dan menguras energi. Kita harus sering-sering memotivasi diri untuk terus mendaki dan berhenti sejenak.Dan, akhirnya sampai di pos pondokan pukul 2 pm dengan sambutan hujan yang lebat dan sesegera kami memakai jas hujan. Selepas hujan reda kami lanjut ke pos Lembah Kidang. Pos ini merupakan lokasi terkahir menjelang summit Arjuno maupun Welirang. Disini terdapat sumber air yang terakhir dan cocok untuk mendirikan tenda. Dan kami bermalam untuk melanjutkan summit pukul 2pm.

Pukul 2pm, kami summit dan meninggalkan beberapa barang dan tenda di pos lembah kidang. Kami cukup membawa air,senter,dan perbekalan saja untuk ke puncak. Awal trekking kami disuguhi padang savana yang indah dan luas jika dilihat siang hari. Trekking pun mulai curam dan berat serta dinginnya suhu yang menusuk.
*Sebaiknya memakai jaket, senter, logistik.
*Jangan berhenti tertalu lama agar suhu tubuh tidak rendah dan mengakibatkan kedinginan.

Jalurpun semakin tajam dan sesekali merangkak. Pukul 6 kami tibalah di pasar dieng. pasar dieng merupakan lokasi menjelang puncak yang terdapat beberapa makam para pendaki yang telah meninggal dahulunya. Suasana mistis bin horror pun sangat terasa disini.

Yap, 6.30 kami tiba di puncak ogal-agil MT. ARJUNO :D. Viewnya luar biasa, terlihat hamparan gunung lain di jawa timur seperti Gunung panderman, Gunung Semeru, etc serta cukup mengejutkan terlihat view pantai atau laut (jembatan suramadu jika malam hari terlihat).

Selanjutnya turun dan bersiap ke gunung Welirang (gunung aktif yang mengeluarkan belerang) banyak penambang belarang disini dan view nya amazing.......

Thx mas rifqy  dkk telah membawa kami kesini ^^