Kamis, 21 Januari 2016

Sandiaga Uno: Kolaborasi Adalah Kunci Memajukan Pasar Tradisional


Sandiago Uno: Kolaborasi adalah Kunci  Memajukan Pasar Tradisional

Ketua Umum DPP Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI),  Sandiaga Uno menyampaikan pemaparannya terkait pentingnya pasar tradisional sebagai salah satu fungsi strategis stabilitas harga.

Ia sendiri masih menyayangkan masih mahalnya biaya logistik yang dinilai memberatkan pelaku ekonomi. “Indonesia merupakan juara dunia sebagai negara dengan biaya logistik tertinggi. Biaya  produksi di Indonesia umumnya sekitar 25 persen dirasa menghambat oleh pelaku ekonomi," Kata Uno dalam acara forum dialog HIPMI Ke-35 dengan topik “Menjaga Harga Sembako”, Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Menurutnya, pasar tradisional justru mempunyai kehebatan tersendiri apabila mampu dioptimalkan perannya.  Ia mencontohkan, berhasilnya pasar tradisional di Imogiri, Yogyakarta, yang justru tahan atau tak terpengaruh pasar modern apabila pasar dibangun mengedepankan nilai-nilai luhur kearifan lokal, yakni kolaborasi.

Ia juga menambahkan, perlunya kehadiran asupan teknologi  yang dapat mempertemukan customer dan pasar agar transparansi harga dan volatilitas harga bisa ditekan.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo), Roy Nicolas Mandey, menyarankan perlunya pembangunan Distribution Center (DC) untuk menjaga stabilitas, seperti layaknya di pasar modern.

“Harga dipasar modern memang lebih stabil karena adanya peran penting DC dalam proses distribusinya.  DC akan membantu mengirim ke setiap tempat dan otomatis kuantitas maupun kualitasnya akan terjaga karena akan selalu terpantau dari waktu ke waktu,” ujar Roy.

Roy mencontohkan, langkah pertama dalam membangun DC ialah pemerintah memastikan lokasinya. Sedangkan , dalam pengelolaannya diberikan kepada swasta yang terkualifikasi agar mudah termonitor.

Lebih lanjut, Roy juga menyarankan perlunya konsentrasi supply dengan  pembuatan budidaya khusus di pulau-pulau khusus karena Indonesia negara kepulauan dan terhambat lahan akibat maraknya alih fungsi lahan.

Red:
Mahfud Effendi
Terpublikasi, Thursday, 21 January 2016 | 17:11 WIB, http://www.bisnispost.com/ekonomi/bisnis/2016/01/21/sandiago-uno-kolaborasi-adalah-kunci-memajukan-pasar-tradisional

0 komentar:

Posting Komentar

Yuk, sampaikan komentarmu, Bebas Berkomentar Kok Asalkan TIDAK SARA !