Kamis, 24 Maret 2016

Blockchain digadang-gadang Jadi Inovasi Terbaik Aplikasi Finansial Masa Depan Setelah Internet dan Solusi Tangkal Korupsi

Perusahaan teknologi raksasa Jepang, Hitachi, sebentar lagi akan bersiap meluncurkan terobosan terbaru dalam dunia bisnis dan finansial. Laporan resminya bahkan menyebutkan akan membangun Financial Innovation Laboratory di jantung pusat teknologi ternama di dunia, yakni Silicon Valley. Inovasi besar yang akan diciptakan bernama Teknologi Blockchain yang merupakan basis dari teknologi mata uang digital (Bitcoin).

Pakar Digital Marketing Anthony Leong mengakui kalau potensi teknologi blockchain sangat besar dan patut dikembangkan. Hal ini terlihat, katanya, tak hanya ambisi Microsoft yang tengah serius mempelajari teknologi semacam itu melalui Azure, tetapi juga IBM tak mau kalah dengan menghadiri Konferensi Blockchain demi menggaet para inovator agar bergabung mengerjakan proyek khusus yang bernama Hyperledger Project. Bahkan, IBM juga mengajak Samsung untuk melibatkannya dalam melahirkan teknologi Blockchain.

Ia menilai bahwa Blockchain punya kelebihan tersendiri, diantaranya lebih efisien karena bisa menekan biaya transaksi, transparan karena dapat diakses publik, dan kemanannya tinggi serta mampu meminimalisasi kasus human error karena semua transaksi nantinya telah dikomputerisasi dan tercatat secara otomastis.

Ia menambahkan, tak tanggung-tanggung bank ternama semacam Citibank, HSBC, dan lebih dari 20 bank lainnya (bank pusat bukan untuk cabang Indonesia) telah bergabung dalam Project R3CEV karena berminat mengaplikasikan teknologi Blockchain di sistem perbankannya. Tak hanya itu, Visa yang dikenal sebagai perusahaan sistem pembayaran (remittance) terbesar di dunia juga turut tergoda dan sedang menguji teknologi tersebut saat ini.

“Blockchain terbukti dapat diaplikasikan di sektor teknologi dan finansial. Namun, teknologi ini juga bisa digunakan untuk berbagai bidang lainnya. Bahkan, beberapa perusahan ternama dan pemerintahan lainnya rela mengeluarkan dana besar untuk mengembangkan Blockchain, seperti Netscape, Operator bursa saham Nasdaq, Bank Sentral (Eropa dan China), Pemerintah Honduras, dan lainnya, kata Anthony yang juga menjadi Sekjen Asosiasi Pengusaha Digital Indonesia (APDI) ini.

Anthony juga menyoroti manfaat menarik lainnya yang dapat diperoleh jika menggunakan teknologi ini untuk digunakan melawan Koruspsi, membuat pemilihan umum menjadi lebih transparan, dan smart contracts serta bisa jadi kita tidak akan perlu lagi adanya pihak ketiga untuk menjadi saksi transaksi perpindahan dana, dokumen atau data kita.

Ia melihat teknologi ini memang belum tentu dapat terealisasi dalam dekat karena dibutuhkan waktu lama. Akan tetapi, sudah ada begitu banyak perusahaan globat ternama yang terlibat dalam proyek pengembangan teknologi Blockchain. Sudah cukup jelas bahwa teknologi demikian akan memasuki aspek kehidupan manusia suatu saat.

“Dibutuhkan waktu lebih dari 30 tahun bagi Internet untuk berkembang luas ke seluruh dunia, dan baru 8 tahun berlalu sejak Blockchain pertama kali diciptakan. Berilah waktu 5-10 tahun lagi, dan Blockchain akan masuk ke dalam setiap aspek kehidupan Anda seperti Internet yang berjalan di smartphone Anda saat ini,” tutup Anthony yang juga Komisaris PT Indo Menara Digital.

Penulis: Mahfud Effendi
Pict: https://agenda.weforum.org/wp-content/uploads/2015/12/151103-blockchain-bitcoin-technology-banking-fintech-FT.png 
 Terpublikasi:
 Thursday, 24 March 2016 | 10:40 WIB
http://www.bisnispost.com/ekonomi/bisnis/2016/03/24/pakar-digital-marketing-sebut-blockchain-adalah-inovasi-terbaik-setelah-internet
http://www.bisnispost.com/peluang-bisnis/start-up/2016/03/24/korupsi-marak-di-indonesia-pakar-digital-tawarkan-teknologi-blockchain

on
http://infobanknews.com/teknologi-blockchain-solusi-cegah-korupsi/ 
http://www.beritasatu.com/ekonomi/356641-indonesia-perlu-kembangkan-teknologi-blockchain-berantas-korupsi.html
http://trendtek.republika.co.id/berita/trendtek/aplikasi/16/03/25/o4k0yb317-korupsi-marak-pakar-digital-tawarkan-teknologi-blockchain
http://lampung.antaranews.com/berita/289310/kata-pakar-blockchain-bisa-cegah-korupsi
http://www.jpnn.com/blog/artikel/Pakar-Digital-Indonesia-Teknologi-Blockchain-Inovasi-Terbaik-Setelah-Internet/1673
http://www.techno.id/tech-news/teknologi-mata-uang-digital-punya-potensi-cegah-tindakan-korupsi-160326d.html
http://radarpena.com/read/2016/03/26/35750/0/10/Teknologi-Blockchain-Dibutuhkan-untuk-Tekan-Korupsi
http://www.arah.com/article/1263/pakar-digital-blockchain-bisa-cegah-korupsi.html
etc.

0 komentar:

Posting Komentar

Yuk, sampaikan komentarmu, Bebas Berkomentar Kok Asalkan TIDAK SARA !