Senin, 14 Maret 2016

Dukungan Aturan Angel Investor Demi Kemajuan Industri Kreatif


 

Wasekjen DPP PAN, Dipo Ilham menyatakan menyambut baik langkah OJK yang menertibkan pengelola dana ventura (angel investor) berbadan hukum agar memiliki legalitas dan pelaku industri kreatif memiliki tempat untuk berkembang.














Menurutnya, selama ini pengusaha pemula (start up) memiliki stigma sangat sulit mendapatkan pendanaan di lembaga keuangan, terutama perbankan karena dinilai kurang bankable. Apalagi usaha yang karakteristiknya berhubungan dengan perusahaan teknologi.

Padahal, kata Dipo, saat ini pertumbuhan start up yang bermunculan kian pesat  dan terbilang pospektif, akan tetapi  terhambat persoalan klasik terkait pendanaan. Hal tersebut membuat mereka terhambat dalam mengembangkan bisnisnya dan mereka akhirnya mulai mencari alternatif sumber pendanaan lain.

“Masalah utama bisnis yang baru dirintis, yaitu pendanaan. Gimana mereka mau berkembang? Jangan sampai mereka seolah terjebak persoalan seperti itu agar tak terhambat dalam memulai bisnis atau mengembangkan bisnisnya. Padahal  start up bagus juga sudah bermunculan dan prospektif,” kata Ketua Umum JAKEC (Jakarta Entrepreneur Club) tersebut.

Kendala sulitnya mendapatkan pendanaan lewat perbankan tersebut, setidaknya kini mulai terjawab berkat kehadiran angel investor. Alternatif pendanaan semacam angel investor ini juga bagus karena makin membuka ruang pembiayaan sektor produktif. Langkah OJK perlu diapresiasi karena angel investor ini baru tumbuh, sehingga perlu diatur agar lebih baik, terkendali dan memiliki legalitas.

Untuk itu, politisi muda PAN ini menyarankan agar pertumbuhan industri kreatif terus diberikan berbagai stimulus. Memang, suku bunga kredit KUR telah diturunkan hingga 9 persen, tetapi realisasinya juga masih perlu ditingkatkan.

Ditambah lagi, kata Dipo, kehadiran angel investor, tentu hal ini akan semakin berpotensi mendongkrak tumbuhnya pengusaha baru agar mulai bermunculan dan berkembang. Selain itu, hal ini juga mendukung tekad Jokowi yang ingin mendongkrak jumlah pengusaha technopreneur tanah air. Sehingga diharapkan sektor ini bisa terwujud sebagai harapan kekuatan ekonomi baru masa depan Indonesia.


pict,http://startupgem.com/wp-content/uploads/2015/12/angel-investor-blogs.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

Yuk, sampaikan komentarmu, Bebas Berkomentar Kok Asalkan TIDAK SARA !