Kamis, 12 Mei 2016

Founder Mastermind Hendri Setiadi Beberkan Formula Rahasia Raih Cuan Investasi Saham

Founder Mastermind Trading System, Hendri Setiadi mengatakan investasi saham itu merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap orang. Namun, sayangnya di Indonesia masih sangat sedikit investor yang berpartisipasi di pasar modal.

Menurutnya, seharusnya orang-orang sadar akan pentingnya investasi agar punya perencanaan keuangan yang baik dan terhindar dari inflasi yang terus menggerogoti tabungan secara paksa. Rata-rata sekitar 2 persen orang kaya di dunia itu mereka menginvestasikan 45 persen dananya di ekuitas.

“Jangan pandang pasar modal itu berbahaya dan untuk itu kita tak perlu khawatir karena yang penting kita harus belajar serta konsisten serta lebih memandangnya sebagai peluang,” kata Hendri dalam acara Obrolan Bisnis Jakarta (OBISJA) oleh Jakarta Chamber Internasional (JCI) bertajuk “Kupas Tuntas Rahasia Cuan Konsisten di Saham” di CEO Suite lantai 56, Sahid Sudirman Center, Jakarta, Selasa, (10/5/2016).

Ia menyarankan bahwa kunci sukses investasi itu tak harus orang yang berpengalaman saja, investor pemula juga bisa meraih cuan investasi asalkan disiplin dan konsisten, maka pasti untung. Caranya, kata Hendri, cukup ikuti formula 123, yakni kenali atau tahu apa produknya, ketahui cara alokasi dana, dan pastikan timingnya tepat.

“Saham itu digerakkan oleh para Bandar atau sebut saja Big Boss, maka kita tinggal pantau saja karena kekuatan investor retil kecil. Nah, selanjutnya kita masuk pilih saham, sektor, dan pergerakan pasarnya bahwa semuanya dalam tren bullish,” ujar pemateri profesional dan berpengalaman yang juga pernah di undang oleh Bursa Tokyo Jepang dan Barcelona itu.

Formula pertama, ketahui baik-baik produk saham yang dipilih, misalnya ketika memilih saham A, maka syarat mutlak yang harus dipenuhi ada tiga hal, yakni pastikan saham yang dipilih sedang dalam posisi meyakinkan naik, pastikan sektor sahamnya juga sedang naik, dan terakhir lihatlah serta pastikan pasarnya atau indeks juga naik.

Formula kedua, alokasikan angggaran anda secara prosentase tertentu, misalnya 50 persen itu kebutuhan sehari-hari atau primer, 30 persen untuk alokasi dana darurat, dan 20 persen atau setidaknya 10 persen baru di alokasikan ke investasi.

Formula ketiga, cara menentukan kapan waktu yang tepat untuk masuk cukup sederhana saja, yakni sesuaikan dengan ketersediaan waktu anda karena ada beragam posisi trading saham, diantaranya opportunity trading (1-2 hari), swing trading (2-5 hari), position trading (>5 hari), dan value investing (>1 tahun).

“Timing ini tak kalah penting, jika untuk trading jangka pendek, maka sebaiknya ambil timing 1-5 hari, tetapi jika tak mau ribet tapi tetap dapat untung ya jangka panjang juga bisa asalkan mengerti pola pergerakan saham dan produk saham yang dipilih fundamentalnya cukup bagus,” ujar.

Sementara itu, Vice President JCI, Anthony Lenong mengaku acara yang diadakannya kali ini sebagai upaya untuk memperluas edukasi betapa pentingnya investasi, terlebih saham. Dirinya melihat investasi saham merupakan topik yang tak pernah ada habisnya dalam instrumen investasi yang layak dimiliki oleh segala usia.

“Kita tak perlu takut investasi saham, hanya saja sebaiknya orang-orang cukup memahami produknya dan langsung action segera membuka rekening dana nasabah untuk memulai langkah investasi,” terangnya.

https://scontent-sin1-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/936745_695404947144948_852322731_n.jpg?oh=1840c162c4a4b414e012093c101bc9df&oe=57ABF890


Penulis: Mahfud Effendi
http://www.bisnispost.com/news/megapolitan/2016/05/12/obrolan-bisnis-jakarta-hadirkan-hendri-setiadi-beberkan-rahasia-cuan-di-saham

0 komentar:

Posting Komentar

Yuk, sampaikan komentarmu, Bebas Berkomentar Kok Asalkan TIDAK SARA !