Senin, 16 Mei 2016

Esensi Tax Amnesty Tak Boleh Sepelekan Dana Lokal

Pembahasan tax amnesty masih terus berlangsung lamban di legislasi. Legislasi pun seolah cenderung terlihat sangat berhati-hati agar aturan itu kembali tak menuai trauma dan kegagalan yang sama, seperti tahun 1964 dan tahun 1984.

Ketua Umum BPD HIPMI Jaya, Rama Datau mengatakan sangat mendukung pemberlakuan tax amnesty. Hanya saja ia menekankan kalau aturan itu dibuat jangan hanya menspesialkan pemulangan dana (repatriasi) yang dari luar negeri semata lantaran besarnya potensi dana masuk. Melainkan juga terfokus potensi dana dalam negeri juga diberikan mengingat sudah jelas-jelas ada di depan mata.

“Jangan sampai terlalu terfokus dan terlalu memenjakan dana dari luar negeri semata lantas mengesampingkan dana dari dalam negeri. Bisa-bisa dana dalam negeri nilainya sebenarnya bisa dioptimalkan, tapi malah tak optimal atau minim perolehannya. Kan lumayan besar juga loh potensinya buat tambahan pemasukan pajak,” kata pengusaha muda itu.

Lebih lanjut, ia mengingatkan agar esensi tax amnesty juga memenuhi aspek keadilan dengan memberikan fasilitas yang sesuai. Alasannya, hinggai kini pengusaha lokal, seperti UKM juga banyak yang patuh dan tepat waktu bayar pajak serta jelas-jelas selama ini berkontribusi nyata dalam perekonomian nasional.

“Gimana mau optimal, jika masih ada celah temuan ketidakadilan, maka orang-orang tak jadi minat ikut tax amnesty. Ibarat bikin menu itu ya harus menggoda dan menggugah selera kita agar orang tertarik untuk beli atao nyobain,” terangnya.

Hal senada, WakiL Bendahara Umum BPD HIPMI Jaya Eric Indra menilai sah-sah saja tax amnesty diterapkan asalkan dana masuk lewat tax amnesty ini jelas pemanfaatannya. Namun, perlu diperhatikan juga bagimana membuat formula yang mereka tertarik agar masuk sistem keuangan nasional dan selanjutnya jadi patuh.

“Pembahasan tax amnesty semoga lamban agar tak menganggu jalannya APBN-P yang sebentar lagi akan berlangsung. Jika nantinya berhasil menarik dana masuk ke sistem keuangan kita, maka betapa kuatnya likuiditas nasional sehingga korelasinya juga bisa bermanfaat buat pembangungan Negara ini,” kata Eric.

Dirinya khawatir, jika tax amnesty belum selesai, maka akan menganggu formulasi penyusunan APBN-P yang akan berlangsung. Sebab, realisasi pemasukan pajak pada kuartal I tahun 2016 hanya mencapai Rp194 triliun atau dapat dikatakan lebih rendah Rp4,3 triliun dibandingkan tahun sebelumnya dengan periode yang sama sebesar Rp198,23 triliun.

Artinya, data tersebut setidaknya dapat dijadikan cerminan bahwa target pajak yang ditetapkan masih menjadi PR serius yang harus dikejar dengan kerja keras dan dipenuhi.

Mahfud Effendi

First Published : Friday, 22 April 2016 | 17:15 WIB
http://www.bisnispost.com/tag/rama-datau-perjuangkan-tax-amnesty

http://bisnis.liputan6.com/read/2490612/pengusaha-minta-kebijakan-tax-amnesty-dibuat-lebih-menggoda 

http://finansial.bisnis.com/read/20160422/10/540856/hipmi-jaya-dukung-program-tax-amnesty.-ini-alasannya

http://ekonomi.metrotvnews.com/makro/GNGXVnAb-hipmi-minta-tax-amnesty-tak-sepelekan-potensi-dana-lokal

http://ekbis.sindonews.com/read/1103444/33/tax-amnesty-jangan-istimewakan-repatriasi-luar-negeri-1461400783

http://www.neraca.co.id/article/68646/pengusaha-muda-minta-pemerintah-juga-fokus-dana-lokal-terkait-pengampunan-pajak

http://m.inilah.com/news/detail/2290536/hipmi-tax-amnesty-jangan-remehkan-dana-lokal

http://www.suara.com/bisnis/2016/04/23/134905/tax-amnesty-tak-boleh-kesampingkan-dana-lokal


http://www.klinikpajak.co.id/berita+detail/?id=berita+pajak+-+pengusaha+minta+kebijakan+tax+amnesty+dibuat+lebih+menggoda

https://anshora.com/business/hipmi-tax-amnesty-jangan-remehkan-dana-lokal/

http://www.harnas.co/2016/04/25/petisi-tax-amnesty-dikaji

http://www.jabarbersatu.com/2016/04/24/hipmi-tax-amnesty-jangan-remehkan-dana-lokal/ 

https://pengampunanpajak.com/tag/tax-amnesty-bisa-jadi-alternatif-pembiayaan-ekonomi/

http://www.satuharapan.com/read-detail/read/hipmi-pengampunan-pajak-jangan-sepelekan-dana-lokal

http://bincangpajak.com/2016/06/06/praktisi-perpajakan-desak-perdebatan-tax-amnesty-segera-diakhiri/

0 komentar:

Posting Komentar

Yuk, sampaikan komentarmu, Bebas Berkomentar Kok Asalkan TIDAK SARA !