MDGs merupakan Millenium Development Goals. MDGs dicetuskan pada bulan september tahun 2000 oleh para
pemimpin dunia di New York. Pertemuan para pemimpin dunia tersebut dinamai
dengan “Deklarasi Millennium”. Dengan harapan
pencapaian tujuan pada tahun 2015. Deklarasi Millennium ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi
pembangunan sumber daya manusia dan pengentasan kemiskinan. Dalam rangka
mewujudkan tujuan itu, maka dirumuskan delapan tujuan Pembangunan Millennium yang disebut Millennium Delevepment Goals.
MDGs mempunyai
delapan tujuan dan antara tujuan saling keterkaitan. Selain itu, setiap tujuan
terkandung beberapa target-target yang spesifik dan terukur. Setiap target mempunyai beberapa indikator yang dapat mengukur
seberapa besar keberhasilan dari beberapa tujuan tersebut. Dari delapan tujuan
dari MDGs, target yang telah ditentukan harus tercapai/terpenuhi
pada tahun 2015 dengan patokan data tahun 1990.
Salah satu tujuan
dari MDGs adalah pendidikan dasar untuk semua. Dengan pendidikan diharapkan pembangunan
sumber daya manusia dapat terealisasi. Buruknya kualitas pendidikan menunjukkan buruknya kualitas suatu negara begitu juga sebaliknya.Oleh karena itu, masalah pendidikan mendapat perhatian khusus dari semua pihak.
MDGs
mempunya delapan tujuan yang menjadi masalah dalam pembangunan sumber daya
manusia, diantaranya;
- Pemberantasan kemiskinan dan kelaparan
Pemberantasan kemiskinan dan kelaparan merupakan tujuan MDGs. Hal ini dikarenakan
adnya dua kondisitersebut dapat menghambat sumber daya manusia.
- Mewujudkan pendidikan dasar
Kualitas SDM akan meningkat jika masyarakat mengenyam
pendidikan setidaknya wajib belajar Sembilan tahun.
- Mendorong Kesetaran Gender dan Pemberdayaan Perempuan
Masalah kesetaraan gender dan pemberdayaan
perempuan sedang
digalangkan. Posisi perempuan. Pemberdayaan
perempuan di segala lini kehidupan sangat diharapkan.
- Menurunkan angka kematian anak
Angka kematian anak masih cukup tinggi.
Hal ini
disebabkan faktor ekonomi dan faktor pendidikan
- Meningkatkan kesehatan ibu
Perjuangan ibu yang paling besar saat melahirkan. Nyawa pun bisa jadi
taruhanya. Untuk itu kesehatan ibu perlu
diperhatikan.
- Memerangi HIV AIDS, Malaria, dan Penyakit Lainnya
- Menjaga kelestarian lingkungan sekitar
Lingkungan dapat mengakibatkan bencana
bagi manusia ketika tidak dilestarikan. Oleh karena itu, pembangunan sumber daya manusia perlu adanya pelestarian lingkungan
secara berkesinambungan.
- Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan
Hal ini dikarenakan negara-negara maju agar membantu negara-negara termiskin
dalam mencapai tujuan-tujuan MDGS lainnya. Salah satu target yang
menjadi bagian tujuan ke-8 MDGs adalah lebih jauh
mengembangkan sistem perdagangan dan keuangan yang terbuka, berbasis peraturan,
mudah diperkirakan, dan adil.
Salah
satu permasalahan yang bisa di ambil misalnya pendidikan. Semakin baik kualitas
pendidikan, maka semakin baik kualitasnya. Kondisi indeks pembangunan manusia
Indonesia dari tahun ke tahun terus menurun.kondisi ini cukup memprihatinkan,
bahwa kita tahu pendidikan belum merata. Fasilitas pendidikan di sekolah juga kurang.
Masalah
pendidikan merupakan masalah penting dalam kehidupan. Pendidikan dapat
memberikan dampak yang baik. Oleh karena itu, tidak lain merupakan salah satu
dari delapan tujuan MDGs.
Pemerintahpun
terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pemerintah
membuat program kebijakn BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Kenyataanya pada
prakteknya dana BOS banyak yang di selewengkan. Seharusnya dalam penggunaan
dana BOS tetap harus berorientasi pada transparansi, akuntabilitas, dan
efisien. Dalam hal ini, partisipasi semua pihak untuk mengawasi jalannya
penggunaan dana BOS. Sebenarnya, dana BOS tersebut sangat membantu keluarga miskin untuk dapat mengenyam pendidikan dasar. Karena terjadi penyelewengan di sana-sini sehingga sekolah masih banyak
yang memungut biaya yang lumayan mahal. Bagi orang miskin, salah satu akibatnya
mereka memilih putus sekolah. Faktor kemiskinan merupakan salah satu penghambat
untuk mewujudkan pendidikan dasar untuk semua. Untuk memberikan jalan keluar
agar generasi muda memiliki penghasilan yang lebih baik di masa mendatang, maka
kunci utamanya adalah memberikan pendidikan yang lebih baik kepada mereka serta
diiringi kebijakan pemerintah yang mempertimbangkan dan memastikan tombulnya
ekonomi yang bermanfaat pada daerah dan penduduk termiskin.
Pemerintah harus memberikan perhatian lebih pada kawasan pedesaan, karena sektor dua pertiga dari rumah tanga miskin bekerja di sektor pertanian. Jika penghasilan orang tuanya yang bekerja di sektor pertanian tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari, maka
dapat dibayangkan bahwa anak-anaknya pasti tidak memperolah kesempatan untuk
melanjutkan studinya ke jenjang sekolah yang sesuai dengan usianya. Sebab
tenaga anak dimanfaatkan oleh orang tuannya untuk membantu orang tuanya bekerja
mencari nafkah.
Masalah
pendidikan tidak akan pernah habis untuk diperbincangkan hingga menjadi salah
satu pembangunan Millenium (MDGs). Pendidikan sebagai suatu proses pembentukan
karakter yang dilaksanakan secara sistematis. Karenanya sebuah proses dalam
pendidikan berlangsung secara bertahap serta berkesinambungan dan sistematik
karena berada dalam situasi dan kondisi di semua lingkungan baik keluarga,
sekolah, dan masyarakat. Oleh sebab itu, maka yang harus dilakukan dalam bidang
pendidikan harus diupayakan terutama dalam meningkatkan rendahnya mutu
pendidikan di Indonesia dalam setiap jenjang dan satuan pendidikan, serta
mendorong masyarakat untuk menyadari sepenuhnya betapa pentingnya pendidikan
yang merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap oaring. Jika implementasi ini
berhasil, maka pemerintah bisa membuat kebijakan yang pro-rakyat secara bertahap akan dapat menuntaskan
pendidikan bagi semua masyarakat.
Dinas
Pendidikan di daerah juga perlu untuk meningkatkan kualitas dan kesesuaian
pendidikan dasar untuk memastikan bahwa seluruh lulusannya akan memiliki
kemampuan dasar untuk bekerja atau meneruskan ke tingkat pendidikan yang lebih
tinggi.
Sistem manajemen sumberdaya
pendidikan juga perlu ditingkatkan, sehingga seluruh lembaga yang terkait
dengan pendidian dasar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara lebih
efisien dan efektif. Kunci dari kesusksesan pemerintah dalam mensukseskan
pendidikan dasar 9 tahun adalah dengan keterlibatan orang tua murid dan tokoh
masyarakat, sertaorganisasi masyarakat sipil dan sektor swasta. Kelompok
pemangku kepentingan ini akan membantu memobilisasi berbagai sumberdaya untuk
mendukung tercapainya tujuan program Wajar 9 Tahun. Selain itu, kesempatan juga
perlu diperluas kepada sekolah swasta dan lembaga pendidikan berbasis
masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan dasar.
Sumber;
Hudha, AM.2010. Mewujudkan MDGs
Pendidikan untuk Kemajuan Pendidikan Masa datang. Http://ejpurnl.umm.ac.id
diakses 10/09/2012/
Nurullah, A.2012. Tantangan 2012 menuju
MDGs. Http://j:pendidikan
MDGs.html diakses 10/09/2012/
Devandra, B.2010. pendidikan dasar
Sembilan tahun dan target MDGs. Http://pkvhi.org/index.php
0 komentar:
Posting Komentar
Yuk, sampaikan komentarmu, Bebas Berkomentar Kok Asalkan TIDAK SARA !